Skip links

Kenali Pompa Dragon, Pompa Manual Klasik yang Kini Jadi Antik

Sebelum menjamurnya pompa air listrik (jet pump) seperti saat ini, dulu Indonesia mengalami tren kejayaan pompa air manual. Tepatnya pada era 1970 hingga 1980-an. Pada masa itu Indonesia hanya mengenal pompa manual sebagai penimba air tanah selain timba katrol pada sumur. Pompa manual yang terkenal pada masa itu adalah pompa merek Dragon hingga lambat laun masyarakat lebih familiar dengan penyebutan pompa dragon dibandingkan pompa air manual atau pompa bertuas.

Pada era itu, pompa air dragon digunakan oleh masyarakat sebagai pompa penghasil air bersih rumahan. Atau ditempatkan pada area perkebunan sebagai penghasil air untuk penyiraman di kala musim kemarau. Ada juga yang ditempatkan di area persawahan sebagai cadangan bila musim paceklik melanda.

Hingga datang masa jet pump atau sekitar pertengahan tahun 1980-an di perkotaan, masyarakat desa masih eksis menggunakan pompa air manual sebagai penghasil air bersih khususnya desa yang belum terjangkau dengan listrik.

Bagaimana dengan era sekarang?

Pompa air manual dragon memang sudah langka dijumpai sebagai alat pemompa air tanah. Masyarakat rumahan lebih memilih jet pump dengan sumur bornya. Persawahan juga lebih memilih pompa diesel karena diklaim lebih banyak menyedot air. Meski begitu, ada beberapa daerah yang masih menggunakan pompa manual ungkit ini. Khususnya daerah-daerah yang tidak terjangkau listrik dan tidak memungkinkan untuk penggunaan pompa diesel karena boros bahan bakar.

Seperti misalnya daerah perkebunan yang luasnya berhektar-hektar di tanah borneo, sumatera, nusa tenggara dan papua. Tentu area perkebunan dan hutan minim dialiri/ dilewati listrik. Penggunaan pompa diesel juga dinilai kurang efektif mengingat pengisian bahan bakar juga memerlukan biaya tambahan dan akses pengisian yang lumayan jauh. Alhasil, pompa air dragon masih menjadi solusi yang pas untuk membantu para tukang kebun merawat tanamannya di musim kemarau sekalipun.

Jangan heran, di desa-desa terpencil juga masih eksis menggunakan pompa bertuas ini. Bahkan di beberapa tempat seperti hotel, taman kota, dll sengaja menempatkan pompa air dragon. Selain untuk mendapatkan air bersih juga sebagai ikonik/ barang antik nan klasik yang dapat menambah citra estetik di area tersebut.

Jadi, jangan remehkan pompa yang satu ini. Karena sekarang, sesuatu yang terlihat kuno menjadi barang antik yang dapat menambah nilai khas bagi pemiliknya. Anda juga dapat meningkatkan nilai khas bagi taman rumah Anda. Pasang pompa manual bertuas, taman dijamin lebih estetik.

Dimana saya bisa membelinya? Sedangkan pompa air dragon masuk dalam kategori barang lawas?

Tenang, Kami di Rajalogam.com memproduksi secara kontinyu pompa air dragon ini. Mutu lebih meningkat dibandingkan era 1970an, mengingat teknologi pembuatan juga semakin canggih. Permintaan pompa air manual kami juga masih cukup tinggi. Karena seperti yang kami jelaskan di atas bahwa permintaan datang untuk rumahan, resto, bahkan hotel. Jadi, hubungi kami segera untuk mendapatkan pompa air dragon secara murah karena dijual oleh produsennya langsung.

Leave a comment

× Hubungi Kami