Skip links

5 Keunggulan Pipa Besi Dalam Sistem Perpipaan

Pipa besi merupakan salah satu jenis pipa yang sangat populer dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam dunia industri. Pipa besi ini sering dipilih dalam berbagai macam proyek dengan tingkat kerumitan dan sifat konstruksi yang berat. Lalu, sebenarnya apa saja sih keunggulan dari pipa besi ini hingga bisa menjadi komponen primadona dalam berbagai macam konstruksi yang menggunakan sistem perpipaan?

Karakteristik Kuat

Pertama, karena pipa berbahan besi memiliki karakteristik yang kuat. Tidak mudah koyak, patah, bengkok, ataupun berlubang. Hingga sifatnya yang mampu tahan terhadap api. Kekuatan pipa besi tidak berkurang meskipun penempatan dilakukan dengan ditanam di luar maupun dalam tanah.

Tahan terhadap tekanan

Kedua, pipa besi memiliki dinding yang tebal (berat), baik itu secara internal maupun eksternalnya. Karena keunggulannya ini, selain digunakan dalam pendistribusian air, pipa besi juga dapat digunakan dalam sistem distribusi fluida bertekanan seperti gas, cairan bahan kimia, kilang minyak, dll.

Awet dan tahan lama

Keunggulan selanjutnya yaitu, pipa besi sering dipilih karena lebih tahan lama daripada jenis pipa lain. Hal ini disebabkan oleh sifatnya yang kuat dan juga tahan karat. Sehingga tak heran, apabila pipa besi ini mampu bertahan hingga puluhan tahun meskipun diterpa berbagai macam kondisi cuaca yang tidak menentu.

Pemasangan dan pemeliharaan mudah

Besi merupakan bahan yang mudah untuk diolah. Oleh karenanya, proses pembentukkan, pemasangan, maupun pemeliharaan pipa besi sangatlah bersahabat. Contohnya saja dalam proses instalasi perpipaan yang panjang dan kompleks. Hubungan antar pipa maupun pipa dengan komponen lainnya dapat disambung dengan mudah menggunakan aksesoris sambungan pipa.

Harga kompetitif

Melihat dari keunggulan-keunggulan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan pipa besi dalam konstruksi pipa akan lebih hemat. Terutama dalam menghemat biaya perawatan dan perbaikan. Pasalnya, kemungkinan adanya penggantian komponen pipa besi yang diakibatkan rusak karena dimakan usia, pipa bocor, atau pun masalah lain sangatlah kecil.

Itulah 5 keunggulan yang dimiliki pipa besi. Dengan keunggulan-keunggulannya, pipa besi memang terbukti ampuh digunakan dalam berbagai macam proyek. Baik itu pendistribusian air, pengaliran uap, gas, kilang minyak, dll. Selain itu, menggunakan pipa besi juga memiliki manfaat bagi lingkungan. Yakni selain panjangnya masa penggunaan pipa besi, bahan besi sendiri dapat dengan mudah dimanfaatkan kembali untuk keperluan lainnya. Sehingga tidak meninggalkan limbah dalam jumlah yang besar apabila suatu saat terjadi pembongkaran instalasi pipa besi tersebut.

Apabila anda sedang/ tertarik membangun sistem perpipaan dengan pipa besi ini, Raja Logam menyediakan aksesoris sambungan pipa dengan bentuk dan fungsi yang sangat bervariasi. Beruntungnya, kami memproduksinya di pabrik kami sendiri. Sehingga anda bisa memesan produk-produk sambungan pipa dengan spesifikasi sesuai kebutuhan. Dan pastinya kami tawarkan dengan harga terbaik!

Leave a comment

× Hubungi Kami